PROGRAM KKT (Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan)

        Lamongan,          Juli 2012
Nomor :800/          /413.101/2012 Kepada
Sifat :Segera Yth. Kepala SMP/SMA/SMK Negeri/Swasta
Lampiran :-         Se-kabupaten Lamongan
Perihal :PROGRAM KKT

Memperhatikan Surat Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Nomor: 045.2/3620/103.07/2012 tanggal 25 Juni 2012 perihal sebagaimana pada pokok surat, maka dengan ini kami sampaikan beberapa informasi tentang hal-hal sebagai berikut:

  1. Bahwa saat ini permasalahan distribusi guru terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia, sehingga guru harus mengajarkan beberapa mata pelajaran dan mengajar lebih dari satu kelas, sementara pada daerah yang kelebihan guru, pemberlakuan jumlah jam mengajar 24 jam tatap muka per minggu bagi guru bersertifikat pendidik sulit dipenuhi. Kondisi tersebut juga berimplikasi lebih jauh mendorong terjadinya mismatch (guru mengajar tidak sesuai dengan mata pelajaran keahlian).
  2. Sebagai salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah melakukan kajian akademik secara intensif hingga melahirkan Program S.1 Kependidikan dengan kewenangan Tambahan (Program S.1 KKT). Melalui program tersebut, guru memiliki kesempatan mendapatkan penambahan kompetensi akademik tambahan selain kompetensi utama.
  3. Sebagai rintisan, Program S.1 KKT telah diselenggarakan mulai tahun 2011 di 12 LPTK (UNP, UNIMED, UNJ, UPI, UNY, UNNES, UNESA, UM, UNDHIKSA, UNM, UNIMA, DAN UNG), dengan peserta kurang lebih sebanyak 600 guru.

Sehubungan dengan hal diatas, maka dimohon agar mengirimkan data guru yang benar-benar membutuhkan dan berminat untuk mengikuti program KKT sebagaimana dimaksud. Data tersebut dikirim ke Sub Bag Kepegawaian Pada Bagian Sekretariat Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan dalam bentuk hard copy dan soft copy (CD) paling lambat tanggal 9 Juli 2012 sebagaimana format terlampir. Adapun berkas yang harus dilampirkan adalah:

–       Fc. Ijasah D.4/S.1 yang dimiliki saat ini

–       Fc. Sertifikat Pendidik

–       Fc. SK Pangkat Terakhir

–       Fc. SK Pembagian jam mengajar semester II T.P. 2011/2012

Terkait mekanisme pelaksanaan Program S.1 KKT menunggu informasi lebih lanjut.

Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan banyak terima kasih.

Download Surat dan Format laporanya di sini

Format kkt

Surat_KKT

12 thoughts on “PROGRAM KKT (Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan)

  1. bagus ada program KKT, itu solusi bagi guru yang ijazahnya tidak sesuai dengan sertifikat pendidik.. lanjutkan semoga program KKT lancar

  2. Teman saya mengajar seni budaya. Sertifikat pendidiknya juga seni budaya. Tapi ijazahnya PPKn. Apa teman saya itu perlu ikut KKT? Maaf teman teman banyak yang masih ragu karena belum ada peraturan yang jelas yang mengharuskan mereka ikut KKT.

  3. pengumuman tersebut ko’ tidak sampai kesekolah saya??seandainya tahu ada pengumuman itu saya sangat berminat, tentu daftar,,kira2 masih ada lagi peserta tambahan? untuk pembiayaannya bagaimana?terimakasih…

  4. ijasah S1 saya Pendidikan Sejarah sedangkan serifikat profesi saya PKn dan pelajaran yang saya ampu PKn, pertanyaan saya sejarah dan PKn masih satu rumpun apakah saya perlu ikut KKT demi menyelamatkan tunjangan sertifikasi saya . . . .mohon balasannya

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s